STOP DOING THAR S**T

in #blog6 years ago

Halo keluarga steemian, pada tulisan kali ini kita akan membahas salah satu kejadian yang sedang hangat di Indonesia. Sempat menjadi trending di berbagai media terutama youtube, kerusuhan antara bangsa viking dengan bangsa mongol terjadi di lapangan bol. Maksut saya kerusuhan yang terjadi akibat suporter arema turun kelapangan membuat ricuh pertandingan sepak bola tahah air. (Stop tersinggung, dan renungkanlah).

image

Indonesia dikenal dengan negara yang ramah debgan berbagai adatmya, namun terkadang beberapa kelompok dari kita lupa menjaga tanggung jawab sebagai negara yamg ramah dengan membuat kerusuhan.

Kerusuhan terjadi saat perrandingan bola tanah air Arema vs Persib bandung. Aksi lempar terjadi saat itu dan sejumlah suporter turun kelapangan dan merusak stadion.

Bagaimana negara jni mau berkembang jika masih ada masyarakat yang bar bar layaknya bangsa viking. (Stop tersinggung dan pikirkan apa gunanya anda merusak stadion).

Mungkin mereja tidak sadar atau mungkin tidak mau menyadari dengan tindakan yang dilakukannya akan ada banyak pihak yang dirugikan bukan hanya di bidang sepak bola tanah air tetapi juga Ekonomi.

Maka dari itu berikut ini akan saya bagikan dampak apa saja yang terjadi akibat aksi bar bar yang dilakukan suporter sepak bola yang terjsdi april lalu.

image

Mungkin terlepas dari apa penyebab terjadinya kericuhan tersebut namun mau atau tidak namun inilah efeknya.

  1. Arrma FC dikenakan denda sebesar Rp.300 Jt.

Komdis PSSI menjatuhkan denda tersebut atas tindakan yang terjadi. Tindakam suport atau pendukung malah menghasilkan denda bagi tim arema. Tentu saja hal ini tidak diharapkan namun akibat tindakan suporter tersebut Arema FC dijatuhkan denda senesar Rp. 300 Jt. (Masih kepikiran buat bar bar lagi?)

  1. Hilangnya solidaritas dan toleransi

Dampak ini biasanya akan timbul ketika kerusuhan yang terjadi sudah melibatkan antar suporter. Maka dampaknya pasti akan mengakibatkan solidaritas dan toleransi yang dimiliki oleh masing-masing suporter tersebut menurun.

  1. Hilangnya kepercayaan Penanam Modal.

Dalam perekonomian keamanan suaru negara adalah tolak ukur bagi investor untuk menanam modalnya, hal ini berakibat pada menurunya kepercayaan investor asing yang akan menanam modal di indonesia dan beranjaknya investor asing yang sudah menanam modal di indonesia

  1. Kerusuhan dapat membuka jalan bagi penjajahan ekonomi.

Secara tidak di sadari para provokasi/provokator akan muncul untuk menciptakan kerusuhan sehingga menurunnya nilai ekonomu suatu negara sehingga menguntungkan pihak lain.

Masih banyak dampak negatif lainnya yang timbul akibat kerusuhan. Tindakan bar bar hingga merusak benda sekitar seharusnya tidak perlu dilakukan. Indonesia adalah negara yang melahirkan masyarakat yang ramah bukam melahirkan masyarakat dengan DNA/darah viking. Bar bar sebenarnya bukan karakter yang dimiliki masyarakat kita. (Stop tersinggung dan intropeksi)

Kesimpulannya dari tulisan ini adalah "stop doing BAR-BAR ACTION" tidak sda gunanya menghancurkan stadion atau apapun itu yang jelas banyak dampak negatif yanh timbul dari hal ini.

Semoga tulisan ini menyadarkan kita semua, silahkan bagikan jika anda merasa tulisan ini bermanfaat.

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.13
JST 0.030
BTC 63026.81
ETH 3462.43
USDT 1.00
SBD 2.51