KELOMANG RAKSASA (KEPITING KELAPA)

in #blog3 years ago

IMG_20210406_102140.jpg

Halo semuanya!
Pada kesempatan ini , kita akan membahas sedikit tentang sebuah kepiting aneh yang menakjubkan, yaitu kelomang!

IMG_20210406_102057.jpg

Di pulau terpencil yang jauh, hiduplah kelomang raksasa yang menakjubkan, bahkan charles darwin menyebut mereka mengerikan.
Ini adalah ketam kenari atau kepiting kelapa (birgus latro)

Ok, supaya tidak ada kekeliruan!
Sebenarnya mereka bukan kepiting, mereka lebih dekat dengan kelomang (anumura) dari pada kepiting (brachyura). Tapi mereka terlanjur dikenal luas dengan nama kepiting kelap Jadi ya sudah lah ya, kita ikut saja.

IMG_20210406_102223.jpg

Kepiting kelapa mendapatkan reputasi yang buruk, karena ukuran mereka yang sangat besar. Mereka memiliki capit raksasa dan terkenal suka mencuri kelapa dan buah-buahan lainnya, bahkan pernah terlihat memakan burung dan mamalia kecil seperti anak anjing atau anak kucing, sadis memang!!
Tapi meskipun demikian mereka sebenarnya makhluk yang luar biasa !
Kepiting kelapa berukuran sangat besar!
Mereka dapat memiliki rentang kaki lebih dari satu meter dan berat lebih dari empat kilogram. Mereka adalah invertebrata darat terbesar di dunia dan mereka mungkin adalah batas maksimal ukuran fisiologis arthropoda.

IMG_20210406_102009.jpg

Kepiting kelapa adalah arthropoda tanah terbesar saat ini, tapi untuk melihat mereka kita mungkin harus melakukan perjalanan yang jauh, karena mereka hidup di pulau-pulau di pasifik selatan dan samudera hindia dengan populasi terbesar hidup di pulau natal dan kepulauan cook, australia.
Di indonesia sendiri mereka dapat di temukan di taman nasional wakatobi di sulawesi juga di maluku, tapi banyak laporan mereka dapat juga ditemukan di hampir seluruh pulau di indonesia.

Penyebaran habitat kelomang raksasa ini selaras dengan distribusi kelapa dan meskipun kelapa bukan menu utama mereka tapi seperti nya kelapa sangat penting bagi mereka sehingga di daerah tanpa kelapa ukuran tubuh mereka lebih kecil dibandingkan mereka yang hidup dengan suplai kelapa yang banyak.
Kebanyakan kepiting kelapa adalah vegetarian tapi mereka akan memangsa apa saja yang bisa mereka capit.
Pemangsa kepiting kelapa adalah kepiting kelapa yang berukuran lebih besar dan tentu saja manusia, karena apa sih yang nggak kita makan ?

Seperti semua krustasea, kepiting kelapa berganti kulit (molting) ketika mereka tumbuh mereka perlu melepaskan exoskeleton lama mereka dn menumbuhkan exsoskeleton baru yang lebih besar exoskeleton baru pada awal nya sangat lunak yang membuat nya sangat rentan, pencubit manja ini berganti kulit setiap tahun proses pergantian kulit ini memerlukan proses yang sangat lama dan untuk menghindari bahaya mereka akan menggali lobang untuk melepas exoskeleton lama mereka dan kemudian mereka memakan nya Sebagai tambahan nutrisi karena setelah berganti kulit mereka harus menunggu exoskeleton yang baru agar mengeras.

IMG_20210406_120054.jpg

Sayang nya semakin sulit menemukan kelomang raksasa ini, alasan mereka tumbuh jadi besar karena mereka tidak memiliki predator di habitat alami mereka tetapi manusia dan hewan yang mereka bawa seperti anjing dan babi telah menyebabkan populasi mereka menurun dengan cepat.
Mereka telah di laporkan telah punah di beberapa pulau seperti madagaskar dan daratan australia, semoga setelah kita tau lebih banyak tentang mereka kita akan dapat melindungi mereka dengan lebih baik .

Ini saja untuk saat ini!!
semoga kita bertemu lagi di postingan selanjut nya .

Mari kita cari tau apa yang belum kita ketahui !!

Coin Marketplace

STEEM 0.28
TRX 0.12
JST 0.033
BTC 61519.90
ETH 2995.96
USDT 1.00
SBD 3.45