Terumbu karang yang semakin jarang

in #blog3 years ago

Halo semua nya !
Pada kesempatan kali ini saya kembali membahas tentang betapa penting nya terumbu karang!

IMG_20210414_164138.jpg

Indonesia adalah bagian dari segitiga terumbu karang, sebuah wilayah yang berisi keaneka ragaman hayati laut tertinggi di dunia, terumbu karang ibarat hutan hujan di laut, dan seperti hutan hujan di daratan, secara perlahan mereka mengalami kehancuran.
Padahal banyak makhluk yang mengambil manfaat dari terumbu karang, termasuk manusia, di indonesia lebih banyak orang yang bermukim dekat dengan terumbu karang di banding negara lain, dan inilah kenapa kita harus peduli terhadap terumbu karang.

IMG_20210414_164048.jpg

Koral atau karang dan reef atau terumbu, merupakan dua hal yang berbeda, kebanyakan orang yang mendengarkan kata karang, mungkin akan membayang kan seperti di gambar, Tapi karang bukan hanya bebatuan warna-warni di lautan, coral atau karang adalah ivertebrata yang mampu mensekresi kalsium karbonat, hewan ini termasuk dalam filum ceolenterata atau cnidaria. Dan kebanyakan batu warna-warni itu sebenarnya adalah kerangka dari polyp yang wujud nya seperti ini.

IMG_20210414_163741.jpg

IMG_20210414_163859.jpg

IMG_20210414_163818.jpg

Sementara terumbu atau reef merupakan endapan masif kalsium karbonat yang dihasilkan oleh hewan karang dan biota lain nya, dan endapan ini di jadikan tempat tinggal hewan-hewan lain.
Polip secara terus menerus mengeluarkan kalsium karbonat untuk membangun kerangka pelindung ini,
Inilah sebab nya mengapa banyak orang mengatakan terumbu karang itu hidup, bukan struktur kalsium nya yang hidup, melainkan polyp yang hidup di dalam nya,
Seperti kura-kura dalam cangkang yang hanya muncul untuk makan, atau sesekali berkelahi di antara satu sama lain ,

Karang masih bersaudara dengan ubur-ubur dan anemon laut dan kebanyakan dari mereka bukan lah hewan yang mobile mereka sering kali berlabuh dan menjalani seluruh hidup mereka di satu tempat.

Karang muncul dalam catatan fosil sekitar 400 juta tahun yang lalu, dari situ, mereka berevolusi sesuai lingkungan dan kondisi cuaca di tempat mereka tinggal, menghasilkan bentuk tubuh yang menarik.
Ada jutaan spesies yang hidup di dalam dan sekitar terumbu karang, mereka sudah hidup di sana jutaan tahun, sampai-sampai mereka telah berevolusi, untuk hidup hanya di terumbu karang, mereka tidak bisa hidup di tempat lain, sama halnya seperti serangga dan mamalia lain yang hidup di darat yang memiliki habitat alami masing-masing.
Karang juga mengontrol jumlah karbon dioksida di lautan, mereka mengambil karbon dioksida dari air dan menggunakan nya untuk membangun kerangka kalsium karbonat mereka, tanpa karang, jumlah karbon di oksida di dala air, akan membunuh kebanyakan hewan di laut, yang secara langsung mempengaruhi keseimbangan makhluk hidup di planet ini, ternyata segitu penting nya terumbu karang ya!!
Tempat hidup bagi banyak spesies hewan,mempercantik rupa lautan, dan menyehatkan laut bahkan planet bumi,

Ini saja untuk kesempatan ini , terimakasih telah berkunjung !

terima kasih

Coin Marketplace

STEEM 0.28
TRX 0.12
JST 0.033
BTC 61588.80
ETH 3006.18
USDT 1.00
SBD 3.64