UDARA YANG SEMAKIN TIDAK SEHAT?! YOU SHOULD KNOW THIS

in #news7 years ago (edited)

Masalah yang sangat penting di bidang lingkungan saat ini ialah, masalah pencemaran udara, pencemaran air, sampah plastik yang tak terkendali, kurangnya ruang lingkup hijau, dan masi banyak lagi permasalah lingkungan yang saat ini masih belum dapat teratasi.

Dan salah satu yang akan saya bahas lebih dalam kali ini adalah tentang pencemaran udara, dan kita mulai dengan jenis pencemar partikulat.

Partikulat ialah bentuk dari padatan atau cairan dengan ukuran molekul tunggal yang lebih besar dari 0.002 µm tetapi lebih kecil dari 500 µm yang tersuspensi di atmosfer dalam keadaan normal. Partikulat dapat berupa asap, debu, uang yang dapat tinggal di atmosfir dalam jangka waktu yang lama.

Kemudian sumber partikulat ini ialah dari aktivitas alami seperti letusan vulkano dan hembusan debu dan tanah oleh angin. Kemudian dari aktifitas manusia yang berperan menjadi sumber partikulat seperti debu dan asbes dari bahan bangunan, abu terbang dari peleburan baja dan asap dari pembakaran yang tidak sempurna terutama dari batu arang. Kemudian pembakaran bahan bakar yang diikuti oleh proses industri dan non industri.

Dan partikulat ini berdampak buruk bagi kesehatan manusia. Terutama di bagian paru paru pastinya, dan gangguan yang berdampak bagi kesehatan yang terhirup partikulat ialah:
-ISPA
-Bronchitis
-Asma
-Penurunan fungsi paru-paru
-Kanker paru-paru
-Kematian dini

Dan tidak sampai disitu, dampak partikulat juga berdampak ke tumbuhan. Partikulat dengan pH > 9 menyebabkan kerusakan pada jaringan daun tempatnya terdeposisi. Partikulat yang terdeposisi di permukaan daun akan mengganggu fotosintesis. Difusi gas dari daun ke udara pun terganggu oleh menempelnya partikulat. Dan kemudian terdeposisi partikulat di tanah akan menyebabkan perubahan pH tanah yang secara tidak langsung berdampak buruk bagi tumbuhan dan organisme lainnya yang ada di tanah.
Picture1.jpg

Kemudian dampak lainnya ialah terhadap material. Kerusakan yang di hasilkan oleh partikulat terhadap material di pengaruhi oleh komposisi kimi dan sifat fisik partikulat tersebut. Kerusakan terjadi jika partikulat menempel pada bahan bahan yang terbuat dari tanah, cat dan tekstil. Deposisi partikulat pada bangunan akan mengotori dan mengurangi estetika bangunan.Picture2.jpg

Inilah salah satu pencemar udara dan dampak serius yang harus kita ketahui dan hal yang harus bisa kita atasi.

Togather let's save the world!!!

Sort:  

Hi! I am a robot. I just upvoted you! I found similar content that readers might be interested in:
https://elsari.wordpress.com/2010/02/06/dampak-pencemaran-udara-terhadap-lingkungan-dan-manusia/

@yahadi yang anda sampikan adalah kakhawatiran kita bersama, udara kita sekarang memang sudah diambang batas kesehatan untuk dihirup. Mungkin kita tidak bs menyelamatkan dunia, namun dengan artikel anda para steemian setidaknya tau tentang polusi saat ini terjadi.

Salam..

Anda benar @uncle.coffe , kita tidak bisa menyelamatkan dunia, namun kita bisa meminimalisir dampak tersebut dengan berbagai inovasi pencegahan dalam bidang lingkungan khususnya.

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.13
JST 0.030
BTC 57810.80
ETH 3056.01
USDT 1.00
SBD 2.24