Mendulang Pelajaran Dari Kayu Kering

in #story6 years ago
Apabila mati anak Adam, maka putuslah segala amalnya kecuali tiga perkara: 1. Anak yang shalih yang selalu mendoakannya; 1. Amal shalih; dan 1. Shadaqah jariyah.

Hanya tiga perkara itu yang menemani seseorang hamba saat jasad terbujur kaku di alam kuburnya, si mati tidak lagi dapat memberikan manfaat bagi dirinya dan alam sekitar setelah gelar tertinggi (mayyit) disandangnya. Sementara itu saat tubuhnya telah berada di alam kubur, tiga amal itulah yang menjadi penolong dari segala bentuk siksaan kubur.

Lihatlah kayu kering itu, entah berapa lama sudah seonggok kayu kering itu berada di situ dan entah dari marga kayu apa dianya, namun yang kulihat dan menarik perhatianku adalah dia masih terus bermanfaat bagi keberlangsungan hidup makhluk lainnya, hidupnya diambil manfaat oleh manusia dan hewan, matinyapun masih terus dapat dimanfaatkan.

Tapi saya bukan ingin mengatakan dan mendoktrin kalau kayu lebih mulia dari manusia. Melainkan ambillah pelajaran dari kayu yang memberi manfaat sejak masih hidup hingga sesudah mati, pohon yang masih hidup memberi manfaat yang luar biasa banyak mulai dari sesuatu yang bisa dimakan, hingga karbon yang dihasilkannya menjadi kebutuhan dunia.

Selain menjadi kayu bakar, kayu kering seringkali kita dapati ditumbuhi jamur yang notabenenya hidup pada sebatang kayu kering. Belum lagi berbicara kayu kering yang dimanfaatkan manusia untuk membangun tempat tinggal, mebel, forniture dan berbagai kebutuhan lainnya.


***Kita sebagai makhluk paling sempurna inipun tentunya bisa lebih dari sebatang kayu kering. Selama hidup ini kita dedikasikan pada hal-hal positif, melaksanakan beragam amal shalih, melahirkan berbagai karya sebagai warisan yang dapat dimanfaatkan oleh orang-orang yang kita tinggalkan ketika nyawa terpisah dari jasad. Rasulullah Saw terhitung sudah empat belas abad meninggalkan kita, namun seakan beliau masih hidup sampai akhir zaman, ini tidak terlepas dari teladan yang beliau wariskan***.

Para ulama dan ilmuwan yang sudah ribuan tahun meninggalpun, masih terus memeberikan manfaat dengan karya-karya yang mereka torehkan selagi mereka masih hidup. Ilmu dalam berbagai disiplin yang hari ini kita pelajari merupakan warisan para pendahulu yang telah lama meninggalkan dunia fana ini, namun mereka seakan masih hidup dan duduk di hadapan kita mengajari berbagai pengetahuan selagi kita pelajari karya-karya yang mereka tinggalkan.



Sort:  

Berikan manfaat kepada sesama,
Nasehat yg sempurna
Vote comment dan follow saya juga ya

mantap, pelajaran yang sangat luar biasa. semasih hidup, jadilah yang berguna bagi orang lain. terima kasih sudah membuat hati saya terbuka. salam

Smg kita semua selalu dalam kebaikan didunia dan akhirat

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.13
JST 0.030
BTC 61906.79
ETH 3418.78
USDT 1.00
SBD 2.48