Alat Tradisional Penggiling Tebu

in #blog4 years ago

Hello Steemian!!
Seiring perkembangan teknologi, manusia terus menciptakan alat-alat modern pengganti alat tradisional yang operasinya secara manual. Bahkan banyak yang tidak tau apa alat yang digunakan sebelum adanya mesin otomatis. Jadi di postingan ini saya ingin menampilkan foto alat tradisional penggiling air tebu.

Sekarang ini khususnya di bulan ramadhan pasti banyak yang menjual air tebu di pinggir pinggir jalan dengan mesin penggiling otomatis yang cara kerjanya lebih mudah dan cepat. Tapi kita juga harus tau bahwa sebelumnya orang-orang menggiling tebu dengan alat ini yang terbuat dari kayu. Kalo di jaman sekarang kita pakai sudah tidak cocok lagi kayaknya kecuali untuk keperluan pribadi. Karena penggunaannya yang lama dan butuh tenaga untuk menggiling tebunya dengan tuas yg terbuat dari kayu juga.

IMG_20190802_072830.jpg

IMG_20190802_072807.jpg

Saya tidak sengaja menemukan alat ini di kebun paman saya, dulu waktu kecil masih banyak yang pakai alat tradisional ini tapi sekarang bahkan alat ini sudah langka dan terbilang benda klasik seperti halnya jengki alat penumbuk padi yang ada di Aceh. Bentuknya unik, kuat dan pastinya bisa tahan puluhan tahun.

Jika ada foto foto alat tradisional pada kalian silahkan komen di bawah ini. Terima kasih atas kunjungannya dan sampai jumpa.

Regard @huslein.slash

Coin Marketplace

STEEM 0.27
TRX 0.12
JST 0.032
BTC 66896.12
ETH 3078.82
USDT 1.00
SBD 3.71