[2021:64] MENULIS ITU SULIT, BAGIAN 1 : TIDAK NAMPAK IDE

in Motivation Story3 years ago (edited)

Tidak nampak bukan berarti tidak ada.

Sahabat Motivation Story sekalian. Sebelum kalian melanjutkan membaca, saya ingin deklarasikan bahwa saya bukan penulis profesional. Hal-hal yang akan kalian temukan dalam tulisan ini adalah murni dari sudut pandang saya pribadi terutama selama saya menggeluti dunia tulis menulis sejak beberapa tahun silam, baik di atas platform Steemit atau pun di dalam media sosial lain semisal facebook dan juga platfoem blogging semisal Wordpress dan Blogspot, selain itu sudah tidak terhitung draft tulisan saya di laptop dan PC yang akhirnya merasakan keajaiban salam tiga jari [Ctrl]+[Shift]+[Del]. Jika saya nanti mengutip pendapat profesional, saya akan sebutkan siapa dan di mana saya mengutipnya. Terimakasih.

Sahabat Motivation Story yang berbahagia. Steemit adalah platform tempat kita menulis, dan hal-hal terkait lainnya. Menulis adalah meluahkan perasaan, atau mengekspresikan diri, atau berbagi informasi, dan sebagainya. Dunia menulis adalah dunia yang hampir tiada batasan. Artinya, setiap orang pasti punya sesuatu untuk dituliskan, baik itu keadaannya sepanjang hari tertentu, apa yang telah dilaluinya pada suatu hari yang spesifik, apa yang ingin dilakukannya besok atau minggu depan atau sepuluh tahun lagi. Bukan hanya tentang apa yang telah dan akan dilakukan, atau hal-hal tertentu yang ada hubungan dengan sains atau teknologi atau perkembangan terbaru dalam dunia ilmu pengetahuan dan teknologi atau pasar mata uang kripto, misalnya, seseorang juga bisa mengembangkan dunia kepenulisannya ke dalam dunia fiksi yang imajinatif dan tiada batas.

Di dalam seri tulisan saya ini, saya akan berbicara tentang beberapa jenis kesulitan yang ditemukan ketika hendak menulis. Saya telah menemukan beberapa orang yang mengekspresikan kepada saya tentang kesulitannya menulis. Di antara mereka ada yang kemudian secara personal saya hubungi atau sebaliknya, menghubungi saya, dan berbicara mengenai hal ini. Dan pada bagian pertama dari seri tulisan saya ini, saya akan berbicara tentang Jenis Pertama : Tidak Tahu Mau Menulis Apa.

Jenis kendala ini adalah yang paling tidak bisa diterima, menurut saya. Sebagaimana saya tuliskan di atas, tema tulisan tidak terbatas, tinggal kecenderungan kita yang paling utama ke mana. Tentu saja ketika kita kaitkan dengan Steemit, kita harus menyesuaikannya dengan komunitas di mana kita hendak mengunggah tulisan tersebut. Kita semua tahu, setiap komunitas memiliki ciri tersendiri: ada komunitas yang mengkhususkan dirinya untuk jenis tulisan tertentu, misalnya Motivation Story, ada juga komunitas yang membebaskan anggotanya untuk menuliskan tema apa saja, ada yang pembatasannya dalam hal bahasa (harus mengunggah tulisan dalam bahasa tertentu), dan sebagainya, ini hal utama yang tidak boleh dilanggar. Tentang apa yang bisa ditulis dan hal-hal apa yang harus dilakukan dan dihindari di Komunitas Motivation Story, kalian bisa membaca di sini.

Steemit sendiri sebenarnya telah datang dengan antisipasi untuk menjawab kebuntuan Steemian dalam menulis. Jika seseorang mengalami kesulitan dalam menulis untuk tema tertentu (misal: motivasi), mereka bisa menulis dalam kategori #betterlife yang salah satu di antaranya adalah #thediarygame. #thediarygame adalah tulisan tentang kegiatan pada suatu hari tertentu, ini mungkin menjadi salah satu jenis tulisan yang sangat populer di Steemit. Apa yang dilakukan sepanjang hari, tuliskan dan unggah. Beberapa komunitas juga giat menyelenggarakan kontes-kontes, itu juga sebuah kesempatan untuk dimanfaatkan.

Ambil contoh, saya hendak menulis di Motivation Story. Hal pertama yang akan saya lakukan tentu saja menemukan ide atau tema, dan menjawab pertanyaan “saya akan menulis tentang apa”. Proses menemukan ide atau tema ini bisa memiliki beberapa bentuk. Ada yang idenya lahir dari kejadian atau pengalaman tertentu, misalnya ketika saya menulis tulisan berjudul [2021:03] JALAN KEMBALI, MOTIVASI, DAN AKSELERASI ADAPTASI yang telah menjadi tulisan ke tiga saya pada tahun 2021 sekaligus masuk dalam kategori tulisan-tulisan pertama saya sejak kembali ke Steemit setelah vakum kurang lebih dua tahun. Dalam tulisan itu saya menceritakan sambutan dan dukungan teman-teman kepada saya yang baru “kembali”. Sedangkan tulisan berjudul [2021:06] JADI MAU GIMANA DONK? terilhami dari ucapan seorang teman dan juga kutipan dari seorang penulis terkenal. [2021:10] LAHIR, MENDERITA, DAN MATI, diilhami oleh sebuah cerita yang sudah lama pernah saya baca di sebuah buku atau majalah, saya lupa, tetapi saya tetap ingat garis besar cerita itu dan untuk menyempurnakan ingatan saya, saya telah melakukan riset internet dan menuliskan sumber-sumber tersebut di bagian akhir tulisan.

Yang ingin saya katakan adalah : ide bisa datang dari mana saja, kita hanya perlu membuka mata. Bisa dari pengalaman, bisa dari pengetahuan, bisa dari celetukan seseorang, bisa dari komentar seseorang di bawah sebuah artikel, dan sebagainya. Kalian mungkin menemukan ide dengan cara kalian masing-masing. Silahkan berbagi pengalaman kalian di dalam bilah komentar, Kawan-kawan. Terimakasih.

Sekian bagian pertama rangkaian tulisan ini. Dan terimakasih telah singgah.


My Intoductory Post | Artikel Perkenalan Saya.

@steemchiller | @justyy | @inwi | @puncakbukit | @exnihilo.witness

Terimakasih Telah Singgah. STEEM ON!


Thanks for stopping by.

Sort:  

Ketika ada inspirasi untuk menulis, langsung catat di hp. lalu eksekusi ketika sudah ada kesempatan untuk menulis. Begitu kira-kira menurut saya penulis pemula. hehe. Mantap that bang, cukoep meurasa tabaca tulisan droeneuh.

Ya. Itu juga cara yang populer. Mencatat ide untuk dielaborasikan saat ada kesempatan.

Terimakasih atas apresiasinya bang @zulkarnain. Saya juga masih terus belajar. 🙏

sama-sama kawan. Tolong perbanyak tulisan tentang tata cara menulis. sangat membantu kami pemula

Saya juga bukan penulis profesional bg, tapi saya tetap menulis. Bagi saya menulislah sebagaimana ia mengalir. 😂

Benar. Tidak harus menjadi beban.

Tetapi saya melihat anda menulis seperti curahan air hujan yang terus mengalir mengikuti alur hingga ke laut lepas, ide yang kreatif, jangan pernah berhenti menulis

Menulis sudah menjadi seperti sebuah kebutuhan, Pak Guru. Dan kebuntuan seringkali menjadi kegelisahan. Ha ha. Terimakasih atas dukungannya yang terus menerus. Tabik!

Nah, ini yang saya butuhkan. Walaupun newcomers, pada dasarnya saya bergabung ke steemit adalah untuk menulis. Kenapa? Karena terlalu banyak ide-ide dan gagasan yang terlintas dibenak. Namun tidak tau mau saya keluarkan dimana. Namun, setelah mendengar steemit dari @meutanom, semangat saya untuk menulis (walaupun bukan penulis) kembali hadir.
Terimakasih atas pengetahuannya @aneukpineung78. Mungkin dengan hal ini dapat menggugah semangat dan menambah inspirasi saya untuk menulis...

Coin Marketplace

STEEM 0.27
TRX 0.13
JST 0.032
BTC 60732.86
ETH 2906.70
USDT 1.00
SBD 3.57