Cara Menanam Cabe Merah

in #news6 years ago (edited)

image

Cabe merupakan salah satu komoditas pertanian yang menjanjikan keuntungan besar apabila apabila dapat dibudidayakan dengan baik. Tidak sedikit petani cabe yang sukses menjadi orang kaya berasal dari budidaya cabe.

Cara menanam cabe yang baik dan benar secara sederhana perlu perlu diketahui oleh para petani pemula atau petani yang akan memulai menanam cabe.

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa langkah menanam cabe , berikut tahapan tahapannya.

Pemilihan Bibit

image

Pemilihan cabe merupakan awal yang harus dilakukan dalam cara menanam cabe yang baik dan benar dalam pemilihan..

  • Tentukan jenis cabe yang akan ditanam, karena yang saya posting cabe merah

  • Memilih cabe dengan kondisi yang segar

  • Cabe dikupas dan diambil bijinya, setelah itu dijemur sampai kering.

Persemaian Benih Cabe

image

Siapkan media tanam dan polybag berukuran 5x10 cm. Isi polybag dengan media tanam hingga mencapai 3/4 bagian. Media tanam bisa berisi campuran tanah, kompos dan arang sekam dengan perbandingan 1:1:1. Aduk hingga tercampur dengan rata.
Sementara menyiapkan media tanam, rendamlah benih terlebih dahulu kedalam air hangat sekitar 6 jam. Setelah selesai tanam lah benih tipis tipis (sedalam 1,5 cm ), tutup kembali dengan media tanam, dan jangan lupa disiram setiap pagi dan sore.

Pengolahan Lahan

image

Buatlah bedengan dengan tinggi 40 cm dengan lebar 1 meter jarak dengan bendengan lain 60 cm. Agar memudahkan pemeliharaan buatlah panjang bendengan 15 meter.

Pemindahan/Penanaman Bibit

image

Setelah bibit memiliki 3-4 helai daun atau ketika berumur 3 Minggu bibit sudah bisa dipindahkan pada lahan.
Lakukan penanaman secara serentak dalam satu hari dan saat pagi dan sore hari agar terhindar dari sinar matahari yang berlebihan.
Masukkan bibit cabe bersama dengan media tanamnya dengan cara merobek atau membuka polybag semua.

Perawatan

image

Lakukan penyiraman pada musim kering dengan cara pengenanggan. Usahakan berhati hati saat penyiraman bibit ketika masih sangat muda dan belum cukup kuat. Lakukan pemeriksaan satu sampai
dua Minggu sekali untuk melihat kondisi tanaman. Jika terdapat tanaman yang rusak atau mati, maka cabutlah dan ganti dengan bibit yang baru.
Selanjutnya pemupukan susulan tiap dua Minggu sekali. Agar lebih praktis gunakan pupuk cair sebanyak 100 ml liter yang telah diencerkan lalu siram langsung ke tanaman.

Panen

image

Masa pane cabe merah adalah setelah berumur 75-85 hari sejak tanam. Proses pemanenan bisa dilakukan berkali kali tergantung pada jenis cabe, kondisi lahan, dan teknik budidaya.

Sort:  

Oke..jangan lupa di vote postingan lainnya..
He he he

Good news brother, please follow me 😁😁

Good post
Vote back ya

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.13
JST 0.028
BTC 55450.66
ETH 2943.26
USDT 1.00
SBD 2.07