Potret Pasar Los Krueng Geukuh Siang Ini

in #story7 years ago

image

Selamat pagi menjelang siang Sahabat Steemians semua. Semoga semua keinginan dan harapan kita semua semakin dekat untuk terwujud. Amiinn.

Pagi jelang siang ini saya ingin mengabarkan dan memotret situasi di Pasar Los Krueng Geukuh, Kecamatan Dewantara, Aceh Utara.

image

Suhu udara masih sangat panas. Mungkin sekitar tiga puluhan derajat celcius ke atas yang cukup membuat kulit kita gosong dan kusam hanya beberapa detik berada di bawah terik matahari.

Suasana pasar masih sepi seperti biasa. Belakangan, daya beli masyarakat begitu rendah. Sangat rendah bakhan. Entah karena rakyat sudah berbelanja ke tempat lain, entah karena perekonomian mereka semakin turun ke titik terendah. Asumsi kedua lebih rasional.

Mungkin juga orang-orang malas keluar rumah mengingat matahari yang semakin ekstrem memuntahkan panasnya. Tapi bagaimana pun, semua alasan di atas menjadikan kondisi pasar sepi bak kuburan.

image

Selain itu, di satu sisi daya beli masyarakat turun drastis, di sisi lain, harga barang melonjak tajak. Telur naik, minyak goreng naik, harga ikan juga tak mau ketinggalan dan sebagainya. Ini ketimpangan perekonomian di masyarakat.

Harus ada gebrakan dan inovasi baru dari masyarakat agar perekonomian mereka kembali berdenyut dan pasar kembali ramai sedia kala.

Jika sahabat steemians bertanya kenapa tak mengharapkan bantuan pemerintah saja? Lha, emang pemerintah kita kreatif? Inovatif? Peka terhadap kondisi sosial masyarakat?

image

Saya ragu hal tersebut. Oleh karena itu, saya lebih berharap masyarakat membuat gebrakan sendiri untuk kembali menghidupkan pasar dan perekonomiannya. Semoga!

Sort:  

Saling support dan memberikan solusi untuk sesama pedagang juga stake holder yang berpengaruh mungkin bisa mengubah sedikit jalan cerita di LoS krung geukeuh

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.13
JST 0.030
BTC 58012.92
ETH 3065.94
USDT 1.00
SBD 2.24